Makanan Khas Aceh

Advertisement
Makanan Khas Aceh - Kuliner khas aceh atau makanan khas aceh sangat beragam, mengingat Aceh atau yang byasa di sebut dengan serambi mekah ternyata kaya banyak juga makanan khas yang menggoda selera.

Makanan khas aceh yang terkenal diantaranya karie kambing, mie aceh, ayam tangkap, dalca, bubur kanji rumbi, kue timpan, Acar Belanak, Gulai Pliek,  Gulai Kepala Ikan khas Aceh, Ikan Kayu dan Meuseukat, bisa juga bagi anda yang hobi makan pasti ingin sekali berkunjung ke serambi mekah, untuk sekedar kuriner ataupun mengisi liburan, berikut adalah penjelasan dan keterangan beberapa makanan khas yang saya sebut di atas.

Makanan Khas Aceh

1. Meuseukat

Makanan Khas Aceh
Meuseukat ini merupakan nama tari tapi ternya Meuseukat juga sebuah kue tradisionan yang terdapat di aceh, makanan ini semacam dodol nanas khas aceh, Meuseukat terbuat dari tepung terigu dan campuran buah nanas, paduan yang menarik dengan cita rasa yang khas. Meuseukat sangat jarang ditemukan dipasar-pasar tradisional dan terkadang harus dipesan terlebih dahulu. Jika sebelumnya meuseukat sering dibawa pada acara perkawinan aceh, kini meuseukat dapat juga dijadikan oleh-oleh jika berkunjung ke Aceh.

2. Kari Kambing

Makanan Khas Aceh
Kari Kambing adalah salah satu makanan tradisional Aceh.Kari kambing ini Kuahnya berwarna kuning agak keruh, dengan potongan daging kambing beserta tulang tenggelam di dalamnya. Aromanya sangat segar, bau bumbu rempah-rempah sangat terasa, tanpa sedikitpun bau prengus khas kambing.kuahnya keruh ,juga di tambah dengan sumsum yang berasal dari tulang.

Selain kari kambing dan nasinya, disajikan juga potongan daging kambing bakar dan potongan lombok rawit hijau. sebaiknya jika menyantap kari kambing pada waktu panas, karena jika dingin bumbunya akan mengendap. byasanya para penjual kari selalu memanaskan dengan tungku raksasa.

3. Mie Aceh

Makanan Khas Aceh
Mie Aceh yaitu masakan mie pedas khas Aceh . Mie kuning tebal dengan irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut (udang dan cumi) disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas. Mie Aceh tersedia dalam dua jenis, Mie Aceh Goreng (digoreng dan kering) dan Mie Aceh Kuah (sup). Penyajianya ditaburi bawang goreng dan disajikan bersama emping, potongan bawang merah, mentimun, dan jeruk nipis.

4. Ikan Kayu

Makanan Khas Aceh
Ikan Kayu- kalian pasti penasaran dengan ikan kayu ,ikan kayu yaitu makanan tradisional aceh yang sangat lezat, apalagi kalau di makan dengan sambal udang, Ikan kayu adalah ikan tongkol yang dikeringkan hingga mengkeras,  Warna cokelat kemerahan melumuri potongan kecil daging ikan. Rasanya pedas, gurih dengan rasa keras renyah daging ikan kayu. Makin enak saat diaduk dengan nasi putih hangat. Lama kelamaan rasanya pedas juga! Lalu, sambel ganja, yak, sambel itu berupa potongan udang rebus dengan bawang merah, cabai hijau dan belimbing sayur ini memang rasanya gurih, asam dan segar.

5.  Gulai Kepala Ikan khas Aceh

Makanan Khas Aceh
Gulai Kepala Ikan- makanan yang sudah banyak terdapat di beberapa provinsi di Indonesia, tapi salah satunya, gulai ini menjadi makanan khas provinsi Aceh. Kepala ikan seakan menjadi makanan kegemaran sejumlah orang di Bumi Serambi Mekkah. biasanya di masak asam pedan atau kuah santan. kepala ikan menjadi sajian yang juga dinantikan.

Beberapa masakan di atas merupakan masakan khas aceh, masih banyak lagi makanan khas aceh yang sangat lezat-lezat, indonesia memang kaya kana masakan yang membudaya , tentunya jika anda singah ke serambi mekah pasti merasakan makanan khas daerah-daerah aceh.

semoga bermanfaat....!!
Makanan Khas Aceh | Kang ali Ali | 10

0 komentar:

Post a Comment