Makanan Khas Sumatra Barat

Advertisement
Makanan Khas Sumatra Barat - Selamat datang di blog Makanan Nusantara, makanan nusantara salah satu ini yang berasal dari Sumatra Barat / padang, di sumatra barat banyak sekali makanan yang super lezat, diantaranya ada KALIO BALUIK ( kalio belut ), LAMANG TAPAI ( ketan ), SATE PADANG, dendeng batokok, Dendeng balado dan RENDANG sebatas yang saya sebutkan hanya beberapa saja , mungkin masih banyak lagi Makanan Khas Sumatra Barat/ padang.

Makanan khas padang memang sangat meluas bahkan di setiap kota di indonesia banyak sekali rumah makan padang, berarti memang sudah bener terkenal nih makanan khas sumantra utara/padang, langsung saja berikut saya akan menjabarkan bebrapa masakan yang terkenal lezat :

Makanan Khas Sumatra Barat
 1. Dendeng Batokok

Makanan Khas Sumatra Barat
Dendeng batokok adalah Makanan khas Sumatera Barat dibuat dari irisan tipis dan lebar daging sapi setelah diiris tipis melebar lalu dipukul-pukul dengan batu cobek supaya daging nya menjadi lembut. Dan kemudian makanan ini diberi cabai hijau yang diiris kasar, sama halnya dengan dendeng balado,dendeng batokok juga hampir di setiap restoran padang di sediakan, hmm rasanya mantab

2. Itiak Lado Hijau

Makanan Khas Sumatra Barat
Itiak Lado Hijau atau yang dikenal dengan Itiak Lado Mudo yaitu gulai daging bebek muda yang dilumuri cacahan cabe hijau. Saking banyaknya porsi cabe, seolah-olah kita melihat daging bebek muda itu “berendam” dalam cabe. Itiak Lado Hijau adalah masakan tradisional khas Koto Gadang, Kabupaten Agam. Keadaan cuaca Bukittinggi yang berhawa sejuk membuat Itiak Lado Hijau menjadi makanan yang dapat menghangatkan badankarna pedasnya.

 3. Ayam Pop

Makanan Khas Sumatra Barat
Ayam Pop adalah makanan yang berasal dari sumatra barat, bahan utamanya adalah Ayam, air, kelapa dan santan. Selain bahan-bahan tadi, ayam pop menggunakan bumbu bawang putih, jaeh dan garam. Cara memasaknya ayam pop adalah dengan melumurkan ayam dengan jeruk nipis dan bumbu halus, lalu dimasukan ke dalam santan dan air kelapa yang sudah dipanaskan. Ayam pop biasanya dihidangkan dengan cabe merah dan sayur pucuk ubi.

4. Asam Padeh

Makanan Khas Sumatra Barat
Asam Padeh yaitu masakan yang mempunyai rasa asam dan pedas, Bumbunya lazim menggunakan asam jawa, cabe dan berbagai racikan bumbu lainnya. Bahan utamanya biasanya menggunakan berbagai jenis ikan seperti tongkol, kakap, atau tuna.

4 makanan Sumatra utara tersebut  merupakan makanan yang terkenal lezatnya dan maknyos pokoknya, di jamin jika anda mencicipi pasti ketagihan .
Makanan Khas Sumatra Barat | kangAli | Makanan Khas

0 komentar:

Post a Comment