Makanan Khas Sumatra Utara Yang Sangat Lezat

Advertisement
Makanan Khas Sumatra Utara - Makanan Khas Sumatra bisa juga kuliner khas sumatra utara ini sangat beragam, bagi anda yang sedang menjelajah kuliner dan berkunjung ke sumatra utara kurang afdol jika tidak merasakan makanan kas yang ada di sumatra utara.

Di sumatra utara memang banyak sekali makanan khasnya, hmmm,, ingin tahu makanan khas sumatra utara ???, berikut adalah beberapa makanan khas yang ada di sumatra utara :

1. Makanan Khas Sumatra Naniura

Makanan Khas Sumatra Utara Yang Sangat Lezat
Add caption
Naniura yaitu ikan khas batak yang tidak dimasak. Bila orang Batak mendengar naniura, maka  yang pernah memakannya  langsung mengeluarkan air liur dengan mata terpejam.tabo nai enak sekali.,cara mwngolahnya  ikan yang sudah dilumuri bumbu dan asam jungga (asam batak) ditambah andaliman menciptakan rasa manis ikan yang dibumbu asam dan diwarnai rasa pedas andaliman yang meninggalkan rasa ketir  diujung lidah.

2. Bubur Sitohap

Makanan Khas Sumatra Utara Yang Sangat Lezat
Bubur Shop

Bubur sitohap merupakan Makanan Khas Sumatra Utara yang terletak di pinggir danau toba,  makanan khas penduduk Silalahi di pinggir Danau Toba, Sumatera Utara.
Bahan pembuatan bubur yaitu beras dan ayam dengan bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri dan andaliman (bumbu khas orang batak).

Bubur ini dinamakan bubur sitohap, karena dalam pengolahanya memakai daun sitohap yang menjadi pembeda dengan bubur lainnya. Daun ini hanya terdapat di hutan liar di kawasan pegunungan Danau Toba dan untuk memasak bubur ini memerlukan waktu yang lumayan lama yaitu kurang lebih lima jam dam pemasakan, selain cara masaknya yang unik cara makanya pun juga unik. Bubur Sitohap ini dituangkan ke wadah yang memang khusus untuk tempat bubur.

3.  Makanan Khas SumatraArsik
Arsik

Arsik merupakan makanan khas tapanuli yang terkenal, makanan ini menggunakan bahan utama IKAN MAS yang dalam memasaknya tidak di buang sisiknya, Bumbu arsik sangat khas, mengandung beberapa rempah-rempah yang khas dari wilayah pegunungan Sumatera Utara, seperti andaliman dan asam cikala (buah kecombrang), selain bumbu khas Nusantara yang umum, seperti lengkuas dan serai. Bumbu-bumbu yang dihaluskan dilumuri pada tubuh ikan beberapa saat. Ikan selanjutnya dimasak dengan sedikit minyak dan api kecil hingga agakmengering.

4. Sayur Ubi Daun Tumbuk

Ubi Daun Tumbuk

Sayur Ubi Daun Tumbuk yaitu sayur singkong yang dimasak dengan santan, bedanya Sayur Ubi Daun Tumbuk dengan sayur lain, kalau khas batak ini daunnya di tumbuk, terus ada bunga kecombrangnya, teri medan dan sejenis tekokak/semacamnya, Makanan khas Sumatera Utara ini menjadi favorit orang batak walaupun resepnya tidak selengkap asliny, tapi lumayan lah, bagi yg kangen masakan khas ini boleh di coba. Sayur ini akan lebih lezat lagi apabila dimakan bersamaan dengan ikan asin dan sambal ulek pedas, wah mantab banget.

5.  Makanan Khas Sumatra Roti Ketawa

Roti Ketawa

Roti Ketawa yaitu roti yang terlihat seperti mulut terbuka/ senyuman.roti ini merupakan makanankhas sumatra utara, Roti yang Bentuknya  bulat dan terdapat belahan di permukaan nya sehingga terlihat seperti sebuah senyuman/ketawa, kemungkinan hal tersebut yang menyebabkan roti itu di sebut dengan istilah Roti Ketawa. Tpati roti tersebut di daerah lain namanya Onde-onde ketawa, Roti ini sedikit agak keras dan renyah.

6. Makanan Khas Sumatra Ikan Sale
Ikan Sale

Ikan Sale yaitu ikan yang di asap, ikan sale asal sumatra utara ini tekturnya kering, hampir sama dengan ikan asin tetapi tidak asin , bahan pemasakan ikan sale ini yaitu ,10 ekor ikan sale (bisa pakai sale lele atau sale patin ya), 1 kotak tahu, potong-potong dan goreng sebentar hingga berkulit, 2 lembar daun salam,2 lembar daun jeruk,1 ruas lengkuas, geprek, 4 cabe hijau, iris serong, 10 cabe rawit utuh, 800 ml santan, 2 sdt garam (atau sesuai selera), 1 sdm gula pasir (atau sesuai selera), 1/2 sdt merica bubuk,1 buah tomat, potong-potong dan minyak untuk menumis, Memasaknya ikan sale ini jangan terlalu lama karena ikan sale jika terlalu lama memasak akan hancur, cara menikmatinya dengan nasi putih .

Postingan ini mewakili Makanan Khas Sumatra Utara, sebenarnya masih banyak lagi makanan khas sumatra utara. indonesia memang kaya akan budaya dan makanan khasnya.
Makanan Khas Sumatra Utara Yang Sangat Lezat | kangAli | Makanan Khas

0 komentar:

Post a Comment