Makanan Khas DKI Jakarta Yang Terkenal

Advertisement
Makanan Khas DKI Jakarta - Banyak sekali makanan khas di Jakarta yang harus kita cicipi, mulai dari makanan yang tradisional sampai kelas elite, makanan memang selalu di kembangkan oleh pecipta kuliner.

Sebagai kota metropolitan makanan DKI Jakarta mempunyai ciri khas dengan makanan yang memiliki rasa yang gurih. nah berikut adalah makana yanng harus anda coba jika berkunjung ke DKI jakarta, Makanan-makanan khas dari Betawi / Jakarta di antaranya adalah :

Makanan Khas DKI Jakarta Yang Terkenal

1.  Asinan Jakarta Khas DKI Jakarta
Makanan Khas DKI Jakarta Yang Terkenal

Asinan yaitu sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran (melalui pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka), bahan yang diacarkan yaitu berbagai jenis sayuran dan buah-buahan.

Asinan adalah salah satu hidangan khas seni Masakan Indonesia, Istilah asin mengacu kepada proses pengawetan dengan merendam buah atau sayur dalam larutan campuran air dan garam.

Asinan ini hampir sama dengan rujak, perbedaan utamanya terletak pada bahan rujak disajikan segar, sedangkan bahan asinan disajikan dalam keadaan diasinkan atau diacar, Terdapat banyak jenis asinan, akan tetapi yang paling terkenal adalah Asinan Jakarta.

2. Ayam Sampyok Khas DKI Jakarta
Makanan Khas DKI Jakarta Yang Terkenal

Ayam Sampyok merupakan hidangan unggulan betawi kota dengan sentuhan cita rasa cina  yang menyelimuti daging empuk ayam. Perlu diketahui, dua layer proses “pembumbuan” dilakukan untuk mendapatkan rasa lezat Ayam Sampyok ini. Sehingga sedap hingga ke dalam ayam terasa terus hingga akhir santapan.

3. Soto betawi Khas DKI Jakarta
Makanan Khas DKI Jakarta Yang Terkenal

Soto Betawi merupakan makanan khas Betawi yang cukup terkenal di Jakarta, dalam soto ini terdapati campuran daging, jerohan sapi dan kuah santan kental yang menjadikanya rasa menjadi lebih terasa gurih dan nikmat.

Meski sejak dahulu sudah ada berbagai varian Soto asli Betawi tetapi menurut catatan istilah soto betawi ini mulai di kenal.

4. Sayur Gabus Pucung Khas DKI Jakarta

Sayur Gabus Pucung yaitu makanan yang terbuat dari buah pucung atau keluwek, Karena di buat dengan buah pucung atau keluwek maka kuah dari Sayur Gabus Pucung berwarna gelap agak kehitaman seperti halnya.

Walaupun berwarna gelap tapi kalau masalah rasa jangan di tanya apalagi di padukan dengan ikan gabus yang empuk. namun sekarang sayur gabus ini sulit di dapat di jakarta karna populasi ikan gabus sudah langka.

5.  Kerak Telor Khas DKI Jakarta

Kerak telor khas dki merupakan makanan khas yang terkenal di Jakarta, dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir, kerak telur merupakan makanan indonesia yang sudah goo internasional.

Vidio Khas DKI



Makanan indonesia dari DKI ini sekarang sudah di kenal di seluruh indonesia, kita sebagai orang indonesia sepantasnya kita mengenali makanan khas asli indonesia, dan jangan sampai kita lupakan makanan yang bersejarah di daerah kita, makanan khas DKI jakarta ini tak kalah menariknya dengan makanan indonesia lainya seperti:


Jika kalian keliling indonesia jangan lupa untuk mencicipi Makanan Indonesia yang ada di daerah2 yang anda tuju.
Makanan Khas DKI Jakarta Yang Terkenal | kangAli | Makanan Khas

4 komentar:

  1. wah..benar2 sangat mantap ni makanan2 ya gan..
    maksih atas informasinya gan
    salam kenal dan salam sukses gan..

    ReplyDelete
  2. kerak telor yummy, sekarang di bandung sudah bisa beli kerak telor makanan khas jakarta.

    ReplyDelete