Makanan Khas Garut Jawa Barat Indonesia

Advertisement
Makanan Khas Garut Jawa Barat Indonesia  - Mungkin tak asing lagi nama kota garut bagi anda, kota garut ini terletak di daerah jawa barat, daerah ini berdekatan dengan sumedang nah jika anda jalan2 ke sumedang alangkah indahnya joka menginjakan kaki ke Garut.

Apa yang bisa di dapat di garut? jangan kawair di garut ini banyak menawarkan kuliner yang enak, dsudah di akui bahwa makanan khas garut memang sangatlah terkenal di Indonesia. Makanan yang paling terkanal asal Garut ialah Dodol, Tapi kali ini saya akam menulis beberapa makanan khas garut yang asli dan khas. Yang perlu kita ketahui Indonesia memiliki berbagai makanan khas daerah. berikut ini adalah beberapa makanan khas garut yang terkenal :


Makanan Khas Garut Jawa Barat

1. Dodol Garut
Khas Garut
Dodol Garut
Dodol Garut yaitu makanan khas garut yang sangat terkenal. dodol Garut ini menjadi maskot kota ini. Dodol Garut mempunyai rasan yang manis. Dodol sendiri memiliki berbagai bahan dasar seperti wijen,tomat,durian dan masih banyak lagi, Jika anda berkunjung ke Garut jangan khawatir oleh-oleh khas Garut yang satu ini mudah ditemukan di berbagai tokoh oleh-oleh.

2. Burayot Khas Garut
Makanan Khas Garut
Burayot
Burayot adalah makanan yang terbuat dari Gula merah dan tepung beras , bahan dan rasanya mirip dengan makanan khas daerah lainnya "Ali Agrem" karena dibuat "ngaburayot"(bahasa sunda yang berarti keriput). Itulah alasan makanan ini diberi nama burayot 4.Ladu Mungkin makanan ini memang asing ditelinga masyarakat luas. Ladu terbuat dari beras ketan lalu diolah dengan resep tertentu. sehingga menjadi makanan yang unik dan khas.

3. Ladu Khas Garut
Ladu
Ladu dibuat dari beras ketan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi hidangan yang khas serta rasanya yang berbeda dengan makanan lainnya. Pertama kali diperkanalkan oleh masyarakat Malangbong Garut.

4. Wajit Khas Garut
Wajit

Angleng dan wajit, sebenarnya sama dengan dodol Garut yang diproduksi dari beras Ketan dan Gula merah. Bedanya adalah Dodol diolah menjadi semacam karamel, sedangkan wajit tidak. Makanan ini diproduksi oleh masyarakat di kabupaten Garut khususnya di Kecamatan Cihurip.

5. Sate Domba Muda Garut

Sate domba muda garut
Daging Sate Domba Garut atau biasa disebut Sate Dombrut ini memang beda dari sate kambing. Rasanya lebih enak dan memang daging domba lebih mahal. Dari data yang diperoleh dari Direktorat Gizi Depkes RI, diketahui kandungan nilai gizi daging domba garut jauh lebih baik dibandingkan daging kambing per 100 gram berat daging.rasanya mirip dengan daging kambing tetapi lebih empuk dan lembut. Bila Anda belum mencoba rasanya, patut mencoba deh sate domba garut. Selain itu daging domba muda garut lebih rendah lemak dan kolesterol.

Postingan makanan khas garut tersebut mewakili beberapa banyak Makanan Indonesia yang ada di garut, makanan indonesia yang berasal dari garut memang sangat unik dan enak, lebih afdol lagi jika anda berkunjung ke garut sendiri.
Makanan Khas Garut Jawa Barat Indonesia | kangAli | Makanan Khas

1 komentar: