Rawon Khas Jawa Timur

Advertisement
Rawon Khas Jawa Timur - Rawon atau yang bisa di sebut nasi rawon  adalah menu berupa sup daging dengan bumbu khas karena mengandung kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, Makanan ini dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta).

Daging untuk rawon pada uumnya menggunakan daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Di beri Bumbu supaya sangat khas Indonesia, yaitu campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, serta minyak nabati.
Rawon Khas Jawa Timur
Semua bahan ini (kecuali serai dan lengkuas) dihaluskan, lalu ditumis sampai harum. Campuran bumbu ini kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama-sama dengan daging. Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek.
Rawon Khas Jawa Timur
Biasanya rawon ini disajikan bersama nasi, juga dilengkapi dengan tauge kecil, daun bawang, kerupuk udang sebagai lauknya, daging sapi goreng (empal) dan sambal. Di Daerah Jawa Timur banyak dijumpai penjual Rawon, terutama rawon Pasuruan banyak yang terkenal. makanan indonesia.
Rawon Khas Jawa Timur | kangAli | Makanan Khas

0 komentar:

Post a Comment